Search

Studi: Menyusui Dapat Mencegah Risiko Diabetes pada Anak di Masa Dewasa - Suara.com

Suara.com - Penelitian terkini yang diterbitkan baru-baru ini di The Journal of Physiology menunjukkan bahwa menyusui sangat penting dalam mencegah diabetes.

Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan menyusui sebagai satu-satunya sumber nutrisi untuk bayi hingga usia enam bulan, karena ini membantu mengurangi morbiditas dan mortalitas anak. Sebaliknya, disebutkan bahwa penyapihan dini sangat terkait dengan perkembangan obesitas dan diabetes tipe 2 ketika seseorang dewasa.

Penelitian di Universitas Negeri Rio de Janeiro, yang dipimpin oleh Patricia Lisboa, menunjukkan bahwa menyapih anak tikus lebih awal akan meningkatkan sekresi insulin pada anak tikus jantan remaja dan pada kedua jenis kelamin ketika tikus dewasa.

Masa remaja anak tikus jantan, oleh para ilmuwan usia ini dianggap setara dengan usia remaja pada manusia. Pada tikus, masa remaja didefinisikan mulai dari usia 35 hingga 55 hari.

Peningkatan sekresi insulin yang dialami tikus jantan remaja ini menandakan pengembangan resistensi insulin, yang berarti berkurangnya respons terhadap insulin. Ini artinya, tubuh tikus mencoba untuk mengimbangi berkurangnya responsif tubuh, sehingga memproduksi lebih banyak insulin.

Inilah salah satu tanda diabetes, penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Kadar gula darah biasanya diatur oleh insulin. Jika kadar gula darah tinggi, ini artinya tubuh menciptakan lebih banyak insulin untuk mencoba mengaturnya.

Hasil peningkatan sekresi insulin menunjukkan bahwa anak remaja mungkin lebih rentan terhadap diabetes tipe 2, seperti halnya orang dewasa.

Patricia Lisboa, salah satu peneliti mengatakan, “Ada banyak penyebab diabetes tipe 2, tetapi tidak untuk menyusui yang cukup lama, yang merupakan salah satu hal yang bisa kita lakukan. Memahami bahwa peningkatan kerentanan terhadap diabetes tipe 2 sebagai hasil dari penyapihan dini akan membantu kami mengembangkan pedoman kesehatan masyarakat terbaik.“

Let's block ads! (Why?)



"masa" - Google Berita
December 19, 2019 at 01:44PM
https://ift.tt/2ty9Qlg

Studi: Menyusui Dapat Mencegah Risiko Diabetes pada Anak di Masa Dewasa - Suara.com
"masa" - Google Berita
https://ift.tt/2lkx22B

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Studi: Menyusui Dapat Mencegah Risiko Diabetes pada Anak di Masa Dewasa - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.