Search

Syukuran Masa Pengabdi Dua Dasa Vassa Sagin, Umat Budha Menanam Kebajikan di Lahan Yang Subur - Tribun Medan

TRIBUN-MEDAN.com - Perayaan Sanghadana Masa 2563/2019 Kathinakala, sekaligus Syukuran Masa Pengabdi Dua Dasa Vassa (Mahathera) Sangha Agung Indonesia, berlangsung penuh hikmat.

Sejak pukul 10.00 terlihat ribuan umat Buddha kota Medan dan sekitarnya telah memadati Selecta Ball Room, Jalan Listrik Nomor 2, Petisah Tengah, Medan, Minggu (27/10/2019).

Kedua acara tersebut diawali dengan acara syukuran 20 Tahun Kebhikkhuan Y.M. Bhikkhu Punnajato Mahathera dan Y.M. Bhikkhu Thiradhammo Mahathera, serta syukuran 10 Tahun Kebhikkhuan Y.M. Bhikkhu Ratanapanno Thera dan Y.M. Bhiksuni Guxiang Sthavira yang dimulai pukul 10.00 dan akan dilanjutkan dengan perayaan Kathinakala Sagin pada pukul 12.00.

Ketua panitia Densi Ginting mengucapkan terimasih kepada seluruh panitia serta ribuan umat Buddha yang sudah turut serta menghadiri dan berkontribusi dalam momen berharga ini.

"Acara syukuran 20 Tahun Kebhikkhuan dan 10 Tahun Kebhikkhuan ini, telah kita laksanakan dengan sukses tanpa kekurangan suatu apapun. Pemotongan tumpeng Syukuran 20 Tahun Kebhikkhuan Y.M. Bhikkhu Punnajato Mahathera dan Y.M. Bhikkhu Thiradhammo Mahathera. Juga Pemotongan tumpeng Syukuran 10 Tahun Kebhikkhuan Y.M. Bhikkhu Ratanapanno Thera dan Y.M. Bhiksuni Guxiang Sthavira telah terlaksana dengan baik," katanya.

Setelah acara syukuran selesai, dilanjutkan dengan Perayaan hari Kathina. Ia menjelaskan bahwa Perayaan Hari Kathina diadakan sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih umat Buddha, kepada anggota Sangha yang telah selesai menjalankan masa vassa selama tiga bulan, untuk mengoptimalkan pemahaman Dhamma dan pelatihan sebagai guru panutan bagi umat Buddha.

"Hari Kathina dapat juga disebut sebagai hari bakti umat Buddha kepada Sangha,
karena dengan adanya hari Kathina ini, umat Buddha dapat menimbun karma baik yaitu berdana kepada Sangha," katanya

Tidak ketinggalan Kathina juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti acara kesenian, Puja, kebaktian, Dhammadesana, pelimpahan jasa dan pemberkahan, serta kegiatan lainnya.

"Momen kita berdana kepada Sangha merupakan ladang kebajikan yang sangat besar dan hanya bisa dilakukan setahun sekali. Semoga di tahun berikutnya kita senantiasa menanam kebajikan di lahan yang subur," pungkasnya.

(cr21/tribun-medan.com)

Let's block ads! (Why?)



"masa" - Google Berita
October 27, 2019 at 01:46PM
https://ift.tt/2pXUhBm

Syukuran Masa Pengabdi Dua Dasa Vassa Sagin, Umat Budha Menanam Kebajikan di Lahan Yang Subur - Tribun Medan
"masa" - Google Berita
https://ift.tt/2lkx22B

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Syukuran Masa Pengabdi Dua Dasa Vassa Sagin, Umat Budha Menanam Kebajikan di Lahan Yang Subur - Tribun Medan"

Post a Comment

Powered by Blogger.