Search

Dinas Kebudayaan Siap Gelar Pameran Jejak Bambu dari Masa ke Masa - Tribun Manado

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dinas Kebudayaan Provinsi Sulawesi Utara bakal menggelar Pameran Bambu.

Pameran yang mengambil tema “Jejak Bambu dari Masa ke Masa”, akan dihelat di Area Parkir Kantor Dinas Kebudayaan Sulut, Kompleks Museum Manado, Jalan WR Supratman, pada tanggal 13-19 November 2019.

Kadis Kebudayaan Fery Jones Sangian SSos MAP mengatakan, pameran tersebut nantinya akan menampilkan berbagai hasil karya yang terbuat dari bambu atau bulu.

Selain itu berbagai koleksi yang tersimpan di Museum, juga akan turut ditampilkan dalam pameran tersebut.

“Pameran ini sekaligus untuk memperkenalkan ke publik tentang keunikan dan nilai seni dari berbagai jenis bambu yang dimiliki daerah ini. Karya seni para pengrajin bambu akan dipamerkan,” ungkapnya.

Menurutnya, pameran tersebut akan diikuti peserta dari seluruh kabupaten kota di Sulut serta para pengrajin bambu.

Di mana dari prediksinya, akan ada 10 ton bambu yang digunakan dalam pameran itu.

“Selain pameran, secara keseluruhan juga akan ditampilkan tari-tarian daerah dan musik bambu. Selain itu ada permainan dari bambu yang dilombakan seperti engrang, dodorobe atau sosoke atau permainan tembak-tambakan dari bambu, kemudian juga ada lomba meriam bambu atau sperak serta lainnya, termasuk menampilkan pohon natal tertinggi di Sulut yang terbuat dari bulu," ujarnya.

Di satu sisi, keduanya berharap output dari kegiatan ini akan lebih mendekatkan Museum kepada masyarakat sekaligus mengingatkan masyarakat akan pentingnya bambu dalam kehidupan.

“Apalagi bambu tercatat dalam tinta emas perjuangan bangsa Indonesia karena pada masa melawan penjajah bambu digunakan sebagai senjata,” tukas Sangian.

Ia juga menginformasikan kegiatan pameran tersebut akan dibuka Gubernur Olly Dondokambey dan mendapat dukungan penuh pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019.

Sedangkan dalam rangkaian pameran selama enam hari itu, para pengunjung akan diberi edukasi mengenai teknik atau cara-cara pembuatan kerajinan dari bambu. (ana)

Legislator Zakarias Tatukude Maknai Hari Pahlawan 2019 Sebagai Inspirasi

Sambut Semangat Baru Bersama Promo Paket Sehat Dari Siloam Hospital Manado

Let's block ads! (Why?)



"masa" - Google Berita
November 12, 2019 at 12:13PM
https://ift.tt/34Z6Z2d

Dinas Kebudayaan Siap Gelar Pameran Jejak Bambu dari Masa ke Masa - Tribun Manado
"masa" - Google Berita
https://ift.tt/2lkx22B

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dinas Kebudayaan Siap Gelar Pameran Jejak Bambu dari Masa ke Masa - Tribun Manado"

Post a Comment

Powered by Blogger.