Search

Ada Makanan yang Bisa Dikonsumsi setelah Masa Kedaluwarsa, Apa Saja? - Suara.com

Suara.com - Setiap makanan tentu memiliki tanggal kedaluwarsa yang perlu diperhatikan. Jika makanan tersebut sudah 'jatuh tempo', Anda pasti akan langsung membuangnya meski makanan tersebut masih ada.

Tapi untuk makanan ini, dilansir Insider, Anda tidak perlu menghkhawatirkan tanggal kedaluwarsa tersebut.

1. Pasta kering

Pasta kering dapat disimpan selama satu hingga dua tahun setelah tanggal pembuatannya, menurut Eat By Date. FoodSavety.gov, juga menyatakan hal yang sama.

Pasta segar (mentah) akan bertahan dalam empat hingga lima hari setelah tanggal yang tertera dalam kemasan. Sedangkan pasta yang sudah dimasak, dapat disimpan di lemari es selama tujuh hari.

2. Sereal

Ketika kotak belum dibuka, sereal dapat bertahan selama enam hingga 8 bulan setelah tanggal kedaluwarsa. Jika dibuka, sereal akan tetap segar selama empat hingga enam bulan. Sebaliknya, sereal yang sudah dibuat hanya akan bertahan selama empat hingga lima hari setelah masuk ke lemari es.

Menyimpan kue di kulkas. (Shutterstock)
Ilustrasi makanan yang bisa dimakan setelah melewati tanggal kedaluwarsa (Shutterstock)

3. Daging

Jika dibekukan, daging dapat disimpan hingga melewati tanggal penjualan mereka.

Menurut FoodSavety.gov, daging giling beku akan bertahan tiga hingga empat bulan, sementara ayam atau kalkun utuh dapat dibekukan hingga lebih dari setahun.

"Bakteri yang dapat sebabkan keracunan tidak hidup di dalam freezer, jadi tidak peduli berapa lama makanan dibeukan, itu aman dikonsumsi. Makanan yang telah berada di dalam freezer selama berbulan-bulan mungkin kering atau mungkin tidak terasa enak, tetapi mereka akan aman untuk dimakan," lapor Departemen Pertanian AS.

4. Ikan

Seperti daging, ikan mentah bisa bertahan lebih lama antara enam hingga sembilan bulan jika dibekukan. Ikan asap dapat bertahan selama tiga hingga enam bulan di dalam freezer. Sedangkan ikan yang dibekukan secara komersial atau kemasan dapat bertahan selama sepuluh hingga 12 bulan jika tidak mencair.

Selain itu, ikan kaleng yang belum dibuka (seperti tuna) dapat disimpan antara dua dan lima tahun setelah tanggal dicetak.

5. Sayur

Meski tidak memiliki tanggal kedaluwarsa, terkadang sayur akan layu jika tidak segera diolah. Chicago Food Depository menyarankan untuk merendam sayuran yang sudah sedikit layu dalam air selama lima hingga 10 menit untuk mengembalikan kesegarannya.

Let's block ads! (Why?)



"masa" - Google Berita
January 23, 2020 at 11:49AM
https://ift.tt/36k2AXZ

Ada Makanan yang Bisa Dikonsumsi setelah Masa Kedaluwarsa, Apa Saja? - Suara.com
"masa" - Google Berita
https://ift.tt/2lkx22B

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada Makanan yang Bisa Dikonsumsi setelah Masa Kedaluwarsa, Apa Saja? - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.