Search

Cara Atur Keuangan Saat Ramadan Sekaligus untuk Masa Depan - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Penganggaran atau mengalokasikan sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari adalah langkah sederhana. Namun hal tersebut penting untuk masa depan Anda.

Penganggaran membantu Anda menemukan di mana Anda menghabiskan dan berapa banyak uang yang Anda keluarkan. Penganggaran perubahan yang diperlukan agar Anda berhenti membelanjakan uang.

Sangat penting untuk menganggarkan pengeluaran keuangan untuk mengontrol bagaimana Anda belanja sehingga bisa menetapkan tujuan yang jelas untuk membuat anggaran.

Berikut enam tujuan penganggaran dilansir dari laman The Balance, Selasa (28 /4/2020) dari yang dasar sampai yang lebih kompleks. Apa pun gaya anggaran Anda:

1. Siapkan dan Ikuti Anggaran

Jika Anda tidak memiliki sistem membelanjakan uang Anda, tujuan penganggaran pertama Anda adalah membuat anggaran. Ini adalah cara mengetahui pengeluaran bulanan berdasarkan penghasilan dan pengeluaran Anda, yang membantu Anda membelanjakan lebih sedikit dari yang Anda hasilkan dan memahami ke mana uang Anda pergi.

Memang penganggaran bukanlah tujuan yang rumit, tetapi butuh disiplin dan beberapa pekerjaan untuk ditetapkan dan diikuti. Anda harus menilai total pendapatan dan pengeluaran untuk kemudian mengurangi pengeluaran dari penghasilan Anda.

Jangan lupa untuk memasukkan kontribusi ke rekening tabungan atau pembayaran utang sebagai pengeluaran. Kemudian, Anda harus mencari tahu apa yang harus dilakukan dengan surplus jika perbedaannya positif, atau bagaimana menebus kekurangan jika perbedaannya negatif.

Jika Anda tidak yakin berapa banyak yang saat ini Anda belanjakan, catat semua pengeluaran Anda selama satu bulan dan gunakan total pengeluaran pada bulan itu sebagai dasar untuk pengeluaran berikutnya.

2 dari 6 halaman

2. Lacak Pengeluaran Anda

Ketika Anda menghabiskan sesuai dengan anggaran Anda, catat pengeluaran sepanjang bulan, lebih bagus jika setiap hari dicatat. Jika Anda tidak tahu kemana uang Anda pergi, sulit untuk mempertahankan anggaran Anda atau mengubah kebiasaan yang bermasalah.

Anda bisa mengidentifikasi kategori pembelanjaan umum seperti perumahan, makanan, dan hiburan, dan kemudian perinci menjadi kategori yang lebih kecil. Misalnya, dalam anggaran belanjaan Anda, evaluasi berapa banyak yang Anda belanjakan untuk makanan pokok dengan makanan cemilan dan cobalah untuk mengoptimalkan jumlah ini.

Melacak pengeluaran Anda bahkan dapat mengungkapkan pengeluaran berulang untuk layanan yang tidak Anda gunakan dan dapat menghilangkan dari anggaran Anda (misalnya, keanggotaan ke gym yang tidak lagi Anda hadiri).

Jika Anda perlu bantuan melacak pengeluaran dan pengeluaran Anda, Anda memiliki dua opsi dasar. Anda dapat menggunakan sistem penganggaran amplop di mana Anda membagi uang di antara amplop terpisah untuk berbagai kategori pengeluaran. Atau Pilihan lainnya adalah menggunakan aplikasi untuk membantu Anda melacak apa yang Anda habiskan setiap hari.

3 dari 6 halaman

3. Seimbangkan Buku Tabungan Anda

Menyeimbangkan adalah ketika Anda mengamati saldo yang muncul dalam laporan bank bulanan Anda dengan saldo dalam register buku cek Anda, yang merupakan daftar setoran dan penarikan ke dan dari rekening bank Anda.

Anda bisa memperbarui saldo dalam daftar buku cek Anda setiap hari untuk mencerminkan setoran dan penarikan baru. Rekonsiliasi saldo rekening Anda dengan saldo daftar buku cek Anda setiap bulan.

Ini relatif mudah dilakukan jika Anda menggunakan perangkat lunak penganggaran. Jika Anda melakukannya secara manual, Anda harus mencocokkan setiap transaksi dalam laporan bank Anda dengan entri yang sesuai dalam register dan menempatkan tanda centang di sebelah entri dalam register Anda jika cocok dengan pernyataan itu. Kedua saldo harus cocok pada akhir bulan.

4 dari 6 halaman

4. Buat Pemotongan dari Pengeluaran Terbesar Anda

Kebanyakan orang dapat menemukan cara untuk mengurangi pengeluaran dalam kategori pengeluaran yang lebih kecil seperti hiburan atau transportasi tanpa terlalu banyak usaha.

Tetapi dengan asumsi Anda telah memiliki anggaran kerja untuk sementara waktu, Anda mungkin telah mengekang pengeluaran dalam kategori-kategori ini seiring waktu. Jika Anda perlu melakukan pemotongan anggaran yang lebih signifikan, Anda mungkin harus memotong pengeluaran dalam kategori pengeluaran yang lebih besar.

Tantang diri Anda untuk mengurangi pengeluaran dalam setidaknya tiga kategori besar, yakni perumahan, penitipan anak, dan makanan, dan lain sebagainya. Pengeluaran tetap tertentu seperti pembayaran hipotek atau sewa Anda mungkin tidak dapat dinegosiasikan.

Dengan mengurangi biaya-biaya ini mungkin mengharuskan Anda untuk menjadi kreatif Anda mungkin perlu berhemat, pindah ke lokasi berbiaya lebih rendah, atau mencari-cari penyedia layanan yang lebih terjangkau . Dengan pengeluaran lain, seperti makanan, Anda bisa berhemat hanya dengan memasak di rumah alih-alih makan di luar.

Namun, penting untuk tidak memotong pengeluaran terlalu banyak karena kekurangan dapat menyebabkan Anda terlalu cepat meledakkan anggaran Anda karena frustrasi. Dengan mengutak-atik dan merencanakan, Anda mungkin dapat mengurangi pengeluaran setidaknya dalam beberapa kategori dan hidup sesuai kemampuan Anda tetapi tetap menjalani gaya hidup yang nyaman.

5 dari 6 halaman

5. Simpan Lebih Banyak

Tujuan anggaran ini mencakup memasukkan lebih banyak uang ke dalam rekening tabungan Anda daripada yang Anda lakukan tahun lalu. Ini adalah tujuan yang harus Anda kerjakan setelah Anda melunasi utang berbunga tinggi misalnya kredit, tidak masuk akal untuk menyimpan uang ketika Anda membayar jumlah yang lebih tinggi dalam biaya pembiayaan daripada penghasilan bunga dari rekening tabungan berbunga.

Tujuan ini dapat dicapai dengan beberapa cara. Anda dapat menetapkan sasaran luas seperti menumbuhkan tabungan Anda dengan persentase tertentu, atau sasaran tabungan tertentu seperti membangun dana darurat. Kedua pendekatan ini dapat membantu Anda menghindari hutang untuk mendanai pengeluaran kejutan dan secara finansial dapat mempersiapkan Anda untuk masa depan.

6 dari 6 halaman

6. Mulai Berinvestasi

Sama seperti Anda akan memasukkan kontribusi ke rekening tabungan dalam anggaran Anda, jadikan itu salah satu tujuan penganggaran Anda untuk menunjuk investasi sebagai kategori pengeluaran dalam anggaran Anda.

Misalnya, jika Anda ingin menumbuhkan dana pensiun Anda, anggarkan jumlah tetap setiap bulan untuk dimasukkan ke dalam rekening pensiun. Jika Anda lebih suka berinvestasi dalam saham dividen untuk menarik pelengkap penghasilan sekarang dan di masa depan, pertimbangkan mengarahkan uang Anda ke akun pialang biasa.

Seperti halnya menabung, Anda hanya harus mulai berinvestasi setelah melunasi hutang berbunga tinggi. Tetapi semakin awal dalam hidup Anda mulai berinvestasi, semakin banyak manfaatnya bagi Anda, dengan melalui kekuatan pengembalian majemuk, bahkan investasi awal kecil dapat tumbuh nilainya secara substansial dari waktu ke waktu.

Let's block ads! (Why?)



"masa" - Google Berita
April 28, 2020 at 06:36AM
https://ift.tt/2SfUuvf

Cara Atur Keuangan Saat Ramadan Sekaligus untuk Masa Depan - Liputan6.com
"masa" - Google Berita
https://ift.tt/2lkx22B

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Atur Keuangan Saat Ramadan Sekaligus untuk Masa Depan - Liputan6.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.