Search

Ahli AS: Masa Inkubasi Virus Corona Covid-19 Selama 5 Hari - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Penelitian dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health memperkirakan periode rata-rata inkubasi virus corona yang menyebabkan Covid-19 pada manusia terjadi selama 5 hari. 

Temuan itu sekaligus menegaskan bawah keputusan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) yang menetapkan karantina selama 14 hari bagi suspect corona sudah tepat.
 
Analisis menunjukkan bahwa sekitar 97,5 persen orang yang mengalami gejala infeksi Covid-19 bisa dinyatakan positif dalam 11,5 hari setelah terpapar. Selain itu, para peneliti memperkirakan setiap 10 ribu orang yang dikarantina selama 14 hari, hanya sekitar 101 orang yang akan mengalami gejala setelah dilepaskan dari karantina.
 
Dalam penelitian itu, para peneliti menganalisis 181 kasus dari China dan negara-negara lain yang terdeteksi sebelum 24 Februari 2020. Selain itu peneliti juga menganalisis laporan dari media, hingga kemungkinan tanggal paparan dan gejala onset.  Dalam data itu, sebagian besar kasus melibatkan orang yang melakukan perjalanan ke atau dari Wuhan hingga Hubei, Cina, yang merupakan pusat epidemi virus corona.
 
"Berdasarkan analisis kami terhadap data yang tersedia, rekomendasi saat ini yaitu 14 hari untuk pemantauan aktif atau karantina sudah tepat. Meskipun dengan periode itu, beberapa kasus ada yang terlewatkan," kata associate professor di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Justin Lessler, melansir Science Daily.
 

Lessler mengatakan masa inkubasi 5 hari untuk Covid-19 itu berada dalam kisaran yang sama dengan virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), virus corona yang juga menginfeksi manusia pada tahun 2002 hingga 2004.
 
Sedangkan untuk Middle East Respiratory Syndrome (MERS), virus corona yang telah menyebabkan ratusan kasus di Timur Tengah dengan tingkat kematian yang relatif tinggi diperkirakan masa inkubasi rata-rata adalah 5 hingga 7 hari.

[Gambas:Video CNN]


Perkiraan akurat dari masa inkubasi penyakit untuk Covid-19 diklaim memudahkan epidemiolog untuk mengukur dinamika wabah dan memungkinkan pejabat kesehatan masyarakat untuk merancang karantina yang efektif dan langkah-langkah pengendalian lainnya.
 
Karantina biasanya mampu memperlambat dan pada akhirnya dapat menghentikan penyebaran infeksi, bahkan untuk beberapa kasus dengan periode inkubasi yang melebihi periode karantina.
 
Melansir CNBC, peneliti American College of Physicians mengatakan 97,5 persen orang yang terinfeksi Covid-19 akan menunjukkan gejala dalam 12 hari setelah tertular. Waktu rata-rata inkubasi adalah lima hari.
 
"Berdasarkan data yang tersedia, para peneliti memperkirakan masa inkubasi rata-rata Covid-19 menjadi 5 hari," tulis para peneliti dalam siaran pers. (jps/DAL)

Let's block ads! (Why?)



"masa" - Google Berita
March 20, 2020 at 11:15AM
https://ift.tt/2UjXwPj

Ahli AS: Masa Inkubasi Virus Corona Covid-19 Selama 5 Hari - CNN Indonesia
"masa" - Google Berita
https://ift.tt/2lkx22B

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ahli AS: Masa Inkubasi Virus Corona Covid-19 Selama 5 Hari - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.