Search

Hal Sepele Soal Keuangan yang Bisa Bikin Masa Depan Cerah - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Memiliki keuangan yang baik tentu dambaan setiap orang. Apalagi masa kondisi keuangan saat ini tidak stabil dan bisa saja mengancam finansial Anda.

Agar masa depan keuangan Anda baik, perlu ada strategi yang harus dilakukan, misalnya saja mengurangi beberapa pengeluaran kurang penting yang Anda lakukan sehari-hari.

Dengan mengeluarkan sehari-hari yang dirasa tidak terlalu penting itu, maka sedikit banyaknya akan memengaruhi kondisi keuangan Anda menjadi lebih baik ketimbang sebelumnya.

Mengurangi pengeluaran yang kurang penting itu memang terkesan sepele, tapi cukup berat dilakukan. Apa sajakah pengeluaran sepele yang bisa dilakukan itu? Simak ulasan berikut seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Cukup Punya Satu atau Dua Kendaraan Pribadi

Kendaraan pribadi entah roda dua atau empat memang cukup penting sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. Sehingga memiliki kendaraan pribadi seolah sudah menjadi suatu keharusan yang harus dipenuhi.

Demi menjaga keuangan yang sehat dan bisa mendapatkan masa depan yang cerah karena finansial yang aman, maka memiliki kendaraan pribadi tak harus banyak. Cukup satu atau dua kendaraan pribadi, yang terbagi atas 1 motor dan 1 mobil saja sudah cukup.

Sehingga Anda bisa menyisihkan lebih banyak lagi uang untuk sekadar ditabung atau diinvestasikan. Dengan demikian, finansial Anda pun aman hanya dengan melakukan hal sepele ini.

2. Tak Harus Mewah, Beli Produk yang Sederhana Asal Manfaatnya Maksimal

Masih berkaitan dengan membeli produk, baik itu kendaraan atau barang lainnya, tidaklah harus mewah. Asalkan fungsinya bisa maksimal, maka Anda bisa memanfaatkannya dengan baik.

Seperti halnya kendaraan pribadi, agar keuangan tetap aman di masa depan, Anda tak perlu harus membeli motor atau mobil mewah. Beli saja kendaraan yang sederhana, asalkan bisa dimanfaatkan secara maksimal fungsinya, itu sudah cukup.

3. Rajin Merawat Kendaraan

Merawat kendaraan secara rutin terkadang jadi sebuah tantangan karena ada saja hal yang bikin melakukan hal yang satu ini kerap terabaikan. Bisa karena lupa atau bahkan malas.

Tentu saja, dengan melakukan perawatan kendaraan secara rutin, maka kualitas kendaraan Anda juga akan tetap terjaga. Coba bayangkan bila Anda malas melakukan perawatan kendaraan, bukan tak mungkin mesin rusak berat dan harus ganti mesin yang harganya bisa saja sama mahalnya bila beli kendaraan baru.

4. Tidak Sering Beli Pakaian dan Perabotan

Sah-sah saja beli pakaian sebagai penunjang tampilan dalam beraktivitas sehari-hari. Dengan pakaian yang bersih dan rapi, maka profesionalitas Anda juga akan terlihat.

Bicara beli pakaian, sejatinya tidak harus mahal. Masih banyak di luar sana pakaian yang harganya relatif murah tapi bagus. Asal Anda bisa memadupadankan, maka penampilan Anda pun akan terlihat ‘chic’.

2 dari 3 halaman

5. Beli Pulsa dan Internet dengan Paket Unlimited

Cobalah untuk membeli pulsa atau paket data internet yang sekiranya hemat dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Hal ini agar menjaga keuangan Anda tetap terjaga dengan baik dalam waktu yang lama.

Anda bisa memilih beberapa jenis paket data atau pulsa yang murah. Anda bisa membeli paket pulsa dan internet unlimited 30 hari. Tentunya Anda perlu melihat detail dari paket data yang dijual sebelum membeli agar pengeluaran untuk kebutuhan yang satu ini bisa diminimalisir dengan baik.

6.  Berhenti Berlangganan yang Tidak Penting

Jika ada iuran langganan yang memberatkan keuangan Anda lebih baik dihapus saja. Misalnya biaya langganan majalah, gym, layanan TV kabel, dan sebagainya. Selain itu sebelum berlangganan Anda harus pikirkan dulu apakah Anda benar-benar membutuhkannya.

Jika tidak Anda bisa coba pilihan alternatif yang lebih hemat seperti olahraga lari dan senam sebagai pengganti gym dan memanfaatkan streaming daripada layanan tv kabel yang mahal.

3 dari 3 halaman

7. Mengurangi Jumlah Pengeluaran Bulanan

Disadari atau tidak, pengeluaran bulanan terkadang cenderung jadi penyebab keuangan boros. Pengeluaran bulanan bisa dikurangi untuk membuat Anda hidup hemat dan masa depan keuangan jadi lebih baik.

Mengurangi pengeluaran bulanan bisa dilakukan dengan mengurangi hal-hal yang tidak penting. Sebagai contoh Anda bisa mengalokasikan sejumlah 10%  dari uang bulanan dan dialihkan untuk hal lain seperti tabungan atau investasi.

Dengan mengurangi hal tersebut, meski berat di awal itu bisa menjamin masa depan yang lebih baik. Dengan berhemat atau investasi menjadikan uang Anda lebih bermanfaat dan menguntungkan ketimbang dihabiskan untuk pengeluaran yang kurang bermanfaat.

8. Disiplin dengan Waktu Jam Kerja

Selain uang nyatanya waktu bekerja Anda juga memengaruhi kondisi keuangan. Hal ini berlaku ketika seseorang memiliki jam kerja padat serta panjang akan mengurangi produktivitasnya, yang tentu saja mengurangi jumlah pendapatan Anda ke depannya. 

Usahakan sebisa mungkin mengatur jadwal kerja dengan baik. Dengan bekerja pada waktu ideal akan membuat produktivitas meningkat dan berbanding lurus dengan pendapatan. Anda bisa mengurangi jam kerja yang berlebihan dengan menggantinya untuk istirahat, liburan, dan lainnya.

Disiplin adalah Kunci

Ada banyak hal yang bisa dikurangi agar keuangan Anda ke depan tetap sehat dan berjalan dengan baik. Dengan melakukan beberapa hal di atas, Anda bisa memiliki keuangan yang sehat. Dengan finansial yang sehat, maka masa depan Anda pun juga bisa cerah.

Let's block ads! (Why?)



"masa" - Google Berita
March 20, 2020 at 08:00AM
https://ift.tt/3bcBuVr

Hal Sepele Soal Keuangan yang Bisa Bikin Masa Depan Cerah - Liputan6.com
"masa" - Google Berita
https://ift.tt/2lkx22B

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hal Sepele Soal Keuangan yang Bisa Bikin Masa Depan Cerah - Liputan6.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.