Search

Masa Tanggap Darurat Corona, KAI Daop 1 Kurangi Jadwal Perjalanan - Katadata.co.id

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Terhitung sejak Senin (23/3), PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 melakukan pengurangan jadwal perjalanan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Dalam siaran pers, Rabu (24/3), KAI menyatakan, ada 19 keberangkatan kereta api (KA) yang dibatalkan, dengan jadwal keberangkatan 23 Maret hingga 1 April 2020. KAI mengungkapkan, KA yang mengalami pembatalan merupakan KA yang memiliki jarak berdekatan.

Karena jarak waktu yang berdekatan, maka calon penumpang memiliki pilihan KA lain, jika memang harus tetap melakukan perjalanan. Namun, jika calon penumpang tidak berkenan dialihkan ke KA lain, maka dapat dilakukan pembatalan tiket dengan pengembalian 100%.

Pembatalan tiket dengan pengembalian 100% juga berlaku bagi calon penumpang KA yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat corona, yaitu 23 Maret-29 Mei 2020.

Secara total terhitung sejak 1 Maret 2020 hingga kini, sekitar 71 ribu tiket keberangkatan sampai dengan 90 hari kedepan telah dilakukan proses pembatalan, baik melalui loket stasiun dan jalur online.

(Baca: Cegah Corona Meluas, Pemerintah Pertimbangkan Larangan Mudik Lebaran)

Guna menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket stasiun, terutama di dua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh, yakni Stasiun Gambir dan Pasar Senen, KAI Daop 1 Jakarta menginformasikan bahwa pembatalan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access.

KAI mengingatkan, pembatalan perjalanan melalui KAI Access dapat dilakukan, selama nomor identitas yang di daftarkan pada akun aplikasi KAI Access sesuai dengan nomor identitas pemesan. Bahkan, pembatalan melalui KAI Access juga bisa untuk membatalkan tiket lainnya yang masih memiliki satu kode booking.

Yang perlu dipastikan, calon penumpang memiliki aplikasi KAI Access dengan versi paling update, maka dapat membatalkan tiket dengan pengembalian bea 100%. Bagi pengguna yang telah memiliki Aplikasi KAI Access dapat melakukan proses update pada aplikasi tersebut.

(Baca: Ubah Jadwal & Minta Refund Tiket di Traveloka Naik 10 Kali Efek Corona)

Jika tidak melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access, calon penumpang dapat langsung datang ke loket pembatalan yang ada di stasiun. Terdapat delapan stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta yang melayani pembatalan tiket KA Jarak Jauh.

Masing-masing stasiun ini memiliki 3 loket untuk melayani pembatalan tiket. Khusus untukStasiun Gambir dan Pasar Senen, loket pembatalan layanan ditambah menjadi 5 loket.

Berikut jadwal operasional pelayanan loket pembatalan tiket di stasiun yang buka setiap hari (Senin-Minggu):

  1. Stasiun Gambir: Pukul 07.00 - 22.00 WIB
  2. Stasiun Pasar Senen: Pukul 07.00 - 22.00 WIB
  3. Stasiun Jakarta Kota: Pukul 07.00 - 19.00 WIB
  4. Stasiun Bogor: Pukul 09.00 - 16.00 WIB
  5. Stasiun Cikampek: Pukul 07.00 - 22.00
  6. Stasiun Rangkasbitung: Pukul 09.00 - 16.00 WIB
  7. Stasiun Serang: Pukul 09.00 - 19.00 WIB
  8. Stasiun Bekasi : Pukul 07.00 - 22.00 WIB

(Baca: Dirjen Kereta Api Kemenhub Umumkan Kronologi Tertular Virus Corona)

Let's block ads! (Why?)



"masa" - Google Berita
March 25, 2020 at 11:03AM
https://ift.tt/2JdjWwr

Masa Tanggap Darurat Corona, KAI Daop 1 Kurangi Jadwal Perjalanan - Katadata.co.id
"masa" - Google Berita
https://ift.tt/2lkx22B

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Masa Tanggap Darurat Corona, KAI Daop 1 Kurangi Jadwal Perjalanan - Katadata.co.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.