Search

Potensi Usaha Ternak yang Menjanjikan di Masa Depan - Harapan Rakyat

Potensi Usaha Ternak yang Menjanjikan di Masa Depan
Potensi usaha ternak yang menjanjikan di masa depan. Foto:Ist/Net

Menjalankan usaha ternak yang menjanjikan di masa depan bukan saja potensial namun juga akan memberikan keuntungan yang tidak kecil. Usaha ternak ini juga tidak membutuhkan modal besar dan caranya juga tidaklah sulit.

Memilih jenis usaha yang ingin dijalankan tak jarang membuat orang bingung. Apalagi jika modal yang dimiliki sangat kecil dan tidak mempunyai ketrampilan khusus yang bisa diandalkan.

Padahal ada banyak peluang usaha ternak mudah dan murah serta menjanjikan di masa depan bisa dipilih dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang ada. Terlebih jika Anda tinggal di pinggiran kota yang tentunya lebih cocok dengan usaha ternak hewan.

5 Jenis Usaha Ternak yang Menjanjikan di Masa Depan

Ada banyak jenis bisnis yang potensial dan menarik untuk dijalankan. Nah berikut ini jenis usaha ternak yang menjanjikan di masa depan yang bisa ada pilih untuk dijalankan sebagai sambilan di rumah.

  1. Usaha Ternak Ayam Potong

Permintaan terhadap daging ayam sangat tinggi di kota dan desa. Hal ini yang membuat bisnis ternak ayam potong sangat menjanjikan. Di pedesaan, usaha ternak ayam semacam ini sudah lumayan banyak.

Untuk penjualannya mereka biasanya membuka gerai kaki lima di pinggir jalan besar. Namun lapak penjualan ayam potong ini kadang juga menerima jual beli ayam dalam kondisi bersih atau hidup.

2. Usaha Ternak Ayam Petelur

Usaha beternak ayam petelur juga tak kalah menjanjikan sebagai usaha ternak yang menjanjikan di masa depan. Selain keuntungannya besar, permintaan telor juga sangat tinggi dan belum bisa dipenuhi oleh para peternak lokal.

Untuk pemasaran telor relatif mudah karena merupakan salah satu jenis sembako yang dibutuhkan setiap orang setiap hari. Telor juga bisa dijadikan menu olahan yang sangat enak, lezat, dan mengandung banyak nutrisi.

Makanan dengan bahan telor ayam juga merupakan menu wajib yang tersaji di setiap rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan gizi dan protein. Baik untuk diolahmenjadi telur goreng, direbus, disayur maupun dijadikan telur asin.

Cara agar sukses dalam usaha ternak ayam petelur adalah dengan memilih bibit yang baik dan tata cara memberikan pakan yang benar dan berkonsentrat tinggi. Ukuran kandang juga mesti disesuaikan dengan jumlah ternak yang diusahakan.

3. Usaha Beternak Bebek

Jenis usaha ternak yang menjanjikan di masa depan lainnya yang potensial adalah ternak bebek. Sama seperti ternak ayam,  anda juga bisa memilih usaha ternak bebek petelur atau pedaging. Hal itu akan berpengaruh pada pemilihan bibit.

Usaha ternak bebek jenis peking termasuk yang sangat menguntungkan. Seiring dengan menjamurnya beberapa rumah makan dan restoran yang menyediakan menu daging bebek membuat usaha ini sangat menjanjikan.

Harga daging bebek biasanya lebih mahal ketimbang daging ayam. Bahkan dalam perawatan ternak bebek relatif gampang dan lebih cepat pertumbuhannya. Inilah yang membuat banyak orang tertark membuka jenis ini.

4. Usaha Ternak Ikan

Usaha ternak ikan seperti ikan mas, nila atau mujair menjadi usaha ternak yang menjanjikan di masa depan. Menjalankan usaha budidaya ini tdak membutuhkna modal bsar karena cukup dengan sepasang indukan ikan.

Dengan indukan yang berkualitas bisa dikawinkan agar beranak pinak hingga berjumlah ribuan bibit ikan. Dengan pemeliharan yang baik dan pemberian pakan secara rutin minimal dua kali dalam sehari akan memberikan keuntungan yang menggiurkan.

5. Usaha Ternak Belut

Permintaan masyarakat terhadap belut belakangan sangat tinggi. Namun pasokan belut dari para peternak sangat sedikit. Karena mereka selama ini menjalankan ternak belut secara tradisional. Karena itu usaha ini begitu menjanjikan.

Kebutuhan masyarakat terhadap belut umumnya sebagai bahan pengobatan ataupun untuk menu makanan yang sangat lezat. Belut ini biasanya diolah dengan cara digoreng ataupun dipepes. Harga belut di pasaran sekitar Rp 40 ribu/kg.

Itulah beberapa jenis usaha ternak hewan yang mudah dan murah namun snagat menguntungkan. Dengan menjalankan usaha ternak yang menjanjikan di masa depan akan mampu menghasilkan penghasilan yang besar setiap bulannya. (R9/HR Online)

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"masa" - Google Berita
March 18, 2020 at 02:01PM
https://ift.tt/2U95ZEE

Potensi Usaha Ternak yang Menjanjikan di Masa Depan - Harapan Rakyat
"masa" - Google Berita
https://ift.tt/2lkx22B

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Potensi Usaha Ternak yang Menjanjikan di Masa Depan - Harapan Rakyat"

Post a Comment

Powered by Blogger.